Striker Inggris Berlomba Untuk Sepatu Emas Liga Primer Inggris

Enam orang penyerang asal Inggris telah mencetak lebih dari 10 gol liga musim ini, hal ini memberikan Harry Kane tantangan yang baru.

Ada tren yang sangat mencolok dalam perebutan sepatu bot emas Liga Primer Inggris musim ini: banyak striker mencetak banyak gol dan banyak di antaranya adalah Inggris. Tujuh pemain mencetak lebih dari 10 gol liga sebelum Hari Tahun Baru dan semua kecuali satu dari mereka telah dibatasi oleh Inggris. Ketika 2019 menjadi 2020, Pierre-Emerick Aubameyang duduk di daftar pencetak gol terbanyak bersama enam pemain internasional Inggris: Jamie Vardy, Danny Ings, Tammy Abraham, Marcus Rashford, Harry Kane dan Raheem Sterling.

Tentu saja, pencetak gol terbanyak Vardy – yang total 17 golnya membuatnya unggul empat dari penantang terdekatnya – telah pensiun dari sepakbola internasional, tetapi Gareth Southgate memiliki banyak alternatif. Yang paling mengejutkan di antara mereka tidak diragukan adalah Ings, yang mencetak gol liga ke-13 musim ini melawan Tottenham pada Hari Tahun Baru, membawanya dua poin dari Kane di ujung yang berlawanan. Kane telah dijamin tempat awal di tim Inggris untuk beberapa waktu – ia diangkat menjadi kapten oleh Southgate sebelum Piala Dunia 2018 dan membayar kembali kepercayaan itu dengan memenangkan sepatu emas – tetapi ia sekarang menghadapi persaingan yang sebenarnya.

Cedera tengah musim tahunan Kane melanda pada Hari Tahun Baru saat ia berhenti dengan masalah hamstring, memberikan para pemain di atasnya dalam daftar pencetak gol – termasuk Ings – kesempatan untuk bergerak lebih jelas. Abraham dan Rashford, keduanya masih berusia 22 tahun, terikat pada 12 gol liga dan menawarkan harapan masa depan yang menarik. Dan Raheem Sterling sejajar dengan Kane dengan 11 gol.

Lempar di Jadon Sancho (yang telah mengambil sembilan gol dan 10 assist di Bundesliga musim ini), Dominic Calvert-Lewin (delapan gol untuk Everton di Liga Primer Inggris), serta Dele Alli, James Maddison, Jack Grealish dan Todd Cantwell (enam gol liga masing-masing), dan opsi menyerang Inggris tampak lebih kuat daripada yang telah mereka lakukan sejak lama.

Sementara Vardy menawarkan tingkat konversi terbaik dari yang disebutkan pada 34,7% yang luar biasa, Sancho (32,1%) dan Ings (27,1%) tidak terlalu jauh di belakang. Kane, bagaimanapun, adalah beberapa cara kembali pada 19,6%. Dia masih berusia 26 tahun, tetapi bisakah kita melihat pemain yang – seperti Michael Owen atau bahkan Wayne Rooney – telah memainkan begitu banyak permainan sebelum “tahun-tahun puncak” yang seharusnya dia sudah memuncak?

Kane tetap menjadi pemain yang luar biasa dan striker yang sangat produktif, tetapi golnya kembali berkurang di musim-musim terakhir. Penghitungan 17 golnya di liga musim lalu adalah yang terendah sejak ia menjadi pemain reguler tim utama di Tottenham pada 2014. Dan angka menit per golnya naik. Dia mencetak gol setiap 87,4 menit di musim 2016-17 tetapi angka itu sekarang hampir dua kali lipat menjadi 161,8 menit per gol. Wujudnya beberapa tahun yang lalu luar biasa dan selalu sulit dipertahankan, tetapi tingkat pemogokannya menurun dari tahun ke tahun. Dan itu telah dilakukan sehingga persaingan untuk tempatnya menjadi semakin sengit.

Memasukkan Sterling, Rashford, Sancho, dan Kane ke starting XI yang sama hampir mustahil bagi Southgate, tetapi bisakah kita segera melihat skenario yang sama mustahilnya di mana kapten dikorbankan? Yang sangat penting bagi Kane, ia menawarkan sesuatu yang sama sekali berbeda dengan trio pacy yang telah berperan sebagai pemeran pendukung dalam kampanye kualifikasi Euro 2020, tetapi Ings dan Abraham berharap untuk membuktikan bahwa mereka dapat melakukan hal yang sama.

Menyingkirkan Kane akan membutuhkan waktu. Dia telah mencetak 32 gol dalam 45 pertandingan untuk Inggris dan akan memecahkan rekor Wayne Rooney sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa di negara ini. Namun demikian, Southgate memiliki banyak opsi menyerang menuju Euro dan untuk itu ia akan sangat berterima kasih.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.